Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Minggu, 12 Februari 2012

Kinerja Ekonomi 2011

Monday, 13 February 2012
Pekan lalu Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan laporan tentang produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada kuartal IV/2011, sekaligus melaporkan kinerja perekonomian sepanjang tahun lalu.

Beberapa hal yang menarik perhatian saya tentang kinerja perekonomian tersebut menjadi basis penulisan artikel ini. Dewasa ini bisa dikatakan hanya segelintir negara yang memiliki kinerja perekonomian bagus. Secara global, Dana Moneter Internasional (IMF) bahkan beberapa kali melakukan revisi ke bawah terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Bahkan China, misalnya, juga dilaporkan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi, meski masih berada pada level yang tinggi.

Demikian juga India yang awalnya didera pemanasan ekonomi, akhirnya mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi setelah Bank Sentral India (RBI) menaikkan suku bunga 13 kali dalam 20 bulan. Dengan keadaan seperti itu, rasanya merupakan karunia yang besar dapat melihat perekonomian Indonesia tumbuh 6,5% sepanjang 2011, lebih tinggi dibandingkan 6,1% pada tahun sebelumnya.Keadaan ini merupakan suatu anomali bagi perkembangan ekonomi dunia, sehingga Indonesia serta-merta semakin masuk dalam radar investor global.

Yang menjadi pertanyaan, apakah perekonomian Indonesia mampu tumbuh lebih tinggi lagi? Untuk pertanyaan semacam ini,saya senantiasa memiliki jawaban “ya”. Jawaban ini terkait potensi pertumbuhan ekonomi kita yang memang memungkinkan untuk tumbuh lebih tinggi lagi. Jika pemerintah mampu mengoptimalkan anggarannya untuk pengeluaran yang lebih produktif, misalnya lebih banyak melakukan pembangunan infrastruktur, kinerja ekonomi Indonesia pasti akan lebih baik dari yang kita capai ini.

Di lain pihak, saya juga berpendapat data statistik perekonomian kita rasanya masih mengandung pelaporan di bawah yang sebenarnya di sana-sini. Ini berarti, PDB yang dilaporkan sebesar Rp7.427,1 triliun (berdasarkan harga berlaku) sebetulnya lebih tinggi lagi. Untuk poin kedua, saya dapat menggunakan contoh sangat mencolok,yaitu subsektor perkebunan. Subsektor ini pada 2010 dilaporkan menyumbang PDB (berdasarkan harga yang berlaku) Rp135,3 triliun.

Saya belum memiliki angka detail untuk sepanjang 2011. Namun sampai kuartal III/2011, sumbangan PDB subsektor perkebunan mencapai Rp121,3 triliun. Sangat mungkin sumbangan subsektor tersebut sepanjang 2011 lebih dari Rp140 triliun. Mengingat sektor ini mencakup begitu banyak tanaman, seperti kelapa sawit, karet, cokelat, kopi, teh, rempah-rempah, yang sepanjang 2011 menghasilkan angka ekspor lebih dari USD40 miliar, agak aneh jika sumbangan PDB subsektor tersebut hanya dilaporkan Rp140 triliun.

Jika kita ambil kelapa sawit saja, pada 2011 lalu produksi kelapa sawit Indonesia lebih dari 23 juta ton.Jika rendemen kelapa sawit sebesar 23% (ini sudah suatu angka yang tinggi karena umumnya di sekitar 20%), maka untuk menghasilkan 23 juta CPO diperlukan 100 juta ton tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Sepanjang 2011, harga TBS pada level petani saja umumnya berada di sekitar Rp1.400–1.700 per kilogram.Ini berarti untuk 100 juta ton menghasilkan pendapatan kotor sekitar Rp155 triliun (angka rata-ratanya).

Jika angka tersebut dikurangi dengan pupuk dan obat hama, sangat mungkin dari kelapa sawit saja dihasilkan sumbangan PDB sekitar Rp140 triliun, kurang lebih sama dengan sumbangan PDB seluruh subsektor perkebunan sesuai data BPS tersebut. Lalu bagaimana dengan karet,cokelat, teh,dan produk perkebunan lainnya yang pada 2011 lalu juga tumbuh melimpah? Secara kasar, saya memperkirakan PDB subsektor perkebunan tersebut paling tidak dua kali lipat dari data yang dilaporkan saat ini.

Jika dilihat dari sisi penggunaannya (expenditure side), kinerja perekonomian 2011 sungguh patut disyukuri.Pada tahun 2011 yang lalu, investasi (yaitu Pembentukan Modal Tetap Bruto) naik lebih dari 8,8%,sehingga pangsanya mencapai lebih dari 32% seluruh PDB.Dalam keadaan investasi yang meningkat demikian tajam, umumnya sektor eksternal (yaitu neraca pembayaran) kita bisa menghadapi ancaman.Namun yang terjadi, neraca perdagangan Indonesia masih surplus hampir USD12 miliar.

Ini terjadi karena ekspor juga meningkat sangat tinggi, yaitu sebesar 13,6%, sementara impor “hanya”naik 13,3%.Perkembangan tersebut membuat perekonomian Indonesia berkembang menjadi semakin sehat dan berimbang.Pangsa konsumsi masyarakat menjadi sebesar 54,6%,sementara pangsa investasi mencapai 32% dan ekspor mencapai 26,3%, sedangkan konsumsi pemerintah hanya 9%. Khusus untuk konsumsi, pangsanya turun cukup tajam dibandingkan tahun 2004 yang lebih dari 60% PDB, sementara investasinya pada tahun 2004 hanya sekitar 20% dari PDB.

Jika dilihat dari lapangan usahanya,tampak pertumbuhan yang tertinggi masih disumbangkan oleh sektor jasa-jasa, terutama komunikasi dan transportasi yang sebesar 10,7%. Data inilah yang sertamerta memancing komentar, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak berkualitas. Jika kita menilik datanya lebih lanjut, pada 2011 lalu sebetulnya merupakan turning point bagi industri pengolahan.

Setelah sejak 2005 pertumbuhan industri pengolahan nonmigas berada di bawah pertumbuhan ekonomi pada umumnya sehingga menimbulkan istilah “deindustrialisasi”, maka pada 2011 lalu industri pengolahan nonmigas telah mencapai pertumbuhan sebesar 6,8%, jauh di atas pertumbuhan ekonomi keseluruhan yang mencapai 6,5%. Ini berarti, fenomena “deindustrialisasi” sudah tidak terjadi lagi saat ini.

Bahkan kalau kita melihat sumbangan industri pengolahan dalam pertumbuhan ekonomi sebesar 1,6%,yaitu sama dengan sumbangan sektor perdagangan, hotel, dan restoran, maka kita melihat kemungkinan terjadinya peningkatan lebih lanjut dari sumbangan sektor Industri pengolahan pada 2012 menjadi lebih besar. Jika pada tahun 2012 ini sumbangannya menjadi paling tinggi, kita semakin layak untuk mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi kita bukan tidak mungkin sebentar lagi akan dihela oleh sektor industri pengolahan, atau yang seringdikatakan sebagai industry led growth.

Dengan berbagai karakter tersebut, kinerja ekonomi Indonesia pada 2011 sungguh sangat membesarkan hati. Mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi 2011 sebagai tidak berkualitas, pada akhirnya merupakan suatu pernyataan yang sungguh mengerdilkan prestasi kita sendiri.●

CYRILLUS HARINOWO HADIWERDOYO 
Pengamat Ekonomi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar