Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Jumat, 10 Februari 2012

Lagi, Sumber Kencono Terlibat Kecelakaan

Friday, 10 February 2012 MAGETAN– Bus Sumber Kencono kembali terlibat kecelakaan lalu lintas. Kali ini Bus Sumber Kencono bertabrakan dengan sedan Honda Accord AG 1663 L di dekat Jembatan Glodok, Karangrejo, Magetan, Jawa Timur, dini hari kemarin.

Akibatnya,bus terpelanting ke Kali Glodok setelah sebelumnya menabrak beton dan besi pengaman jembatan. Dua orang tewas akibat kejadian ini. Saat kejadian, bus mengangkut 15 penumpang.Korban tewas adalah penumpang bus WiwidWiningtyas,warga Jalan Menur, Cilacap, Jawa Tengah dan Suparno, warga Karangrejo, Magetan, yang merupakan penumpang sedan.

Sementara korban luka-luka berat dan ringan mencapai 12 orang. Korban luka termasuk Lilik Purwanto, sopir sedan,warga Perumahan PG Purwodadi, Karangrejo,Magetan. Berdasarkan data Polda Jawa Timur, selama 2011 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Bus Sumber Kencono di berbagai kota di Jawa Timur sebanyak 14 kasus. Akibat kecelakaan, korban tewas mencapai 37 orang.

”Dari penelitian diketahui, tabrakan terjadi di jalur bus sebelum jembatan. Itu artinya sedan yang terlalu ke kanan,” ungkap Kasubdit Bingakum Direktorat Lalu Lantas Polda Jawa Timur AKBP Ade Safri Simanjuntak di lokasi kejadian kemarin. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendorong Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera mencabut izin trayek Bus Sumber Kencono.

”Kecelakaan yang melibatkan Bus Sumber Kencono kembali terjadi. Kami akan mendorong Ditjen Perhubungan Darat agar segera mencabut izin trayeknya,” ujar Soekarwo di Surabaya. Soekarwo mengaku Pemprov Jatim telah mengirim surat pencabutan trayek bus seusai kecelakaan di Madiun pada awal Januari 2012.

Pihaknya tidak memiliki wewenang mencabut izin trayek karena otoritas ada di Ditjen Perhubungan Darat. ”Sekarang ada kejadian lagi sehingga kami akan kembali mengirim surat sekaligus menanyakan bagaimana tindak lanjut dari surat sebelumnya,”tegasnya. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso Kemenhub memastikan seluruh bus PO Sumber Kencono yang berjumlah 300 unit dalam kondisi laik jalan, termasuk bus yang mengalami kecelakaan di Magetan.

”Kalau untuk mencabut izin usaha PO bersangkutan tidak mungkin. Nanti bisa-bisa 1.800 karyawan PO Sumber Kencono kehilangan pekerjaan.Di sisi lain,pangsa pasar PO Sumber Kencono di Jawa Timur itu bisa sampai 30%,”jelasnya di Jakarta.

Di bagian lain, mobil Toyota jenis Avanza B 1769 BOM menabrak pantat truk di ruas tol Cipularang Km 93+600 jalur B (Bandung–Jakarta),Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dini hari kemarin. Akibatnya pengemudi Avanza langsung tewas dengan kondisi mengenaskan. dili eyato/ heru febrianto/ asep supiandi/ant
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/468158/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar