Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Minggu, 03 Februari 2013

Belum Melek IT, UMKM Indonesia Kalah dengan Kenya



Penulis : Didik Purwanto | Senin, 4 Februari 2013 | 12:29 WIB

SHUTTERSTOCK

JAKARTA, KOMPAS.com 
- Pengusaha di tingkat mikro, kecil dan menengah (UMKM) dinilai masih belum melek informasi dan teknologi (IT) bahkan kalah dengan UMKM dari Kenya. Sehingga pasar dunia usahanya masih sempit.



"Selama ini para UMKM ini masih belum melek IT, mereka masih berbisnis secara manual dan tidak menggunakan IT," ujar Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Senin (4/2/2013).
Terkait hal itu, ia mengatakan, Telkom akan membantu para UMKM untuk bisa go online. Ini memungkinkan pasar dunia usahanya akan lebih luas. Sehingga akan meningkatkan pendapatan usaha UMKM tersebut.
"UMKM kita kalah dibanding dengan di Kenya. Mereka sudah menggunakan teknologi informasi bahkan sudah memakai e-money untuk pembayarannya,"  ujarnya.
Menurut Awaluddin, pihaknya akan melakukan kegiatan Indonesia Digital Entrepreneur (INDIPreneur). Program ini akan membekali para pelaku usaha UMKM untuk menerapkan teknologi informasi dalam menjalankan usahanya. Dengan program ini, para UMKM akan mendapat edukasi tentang layanan bisnis secara online.
Telkom akan menyediakan infrastruktur untuk mendukung program tersebut baik secara sewa beli maupun gratis. Dengan kegiatan ini, para UMKM akan bisa memperluas pasar dunia usahanya. Sebab, bila dijalankan secara manual, maka hasilnya hanya akan dari pasar sekitarnya saja.
Edukasi ini dinilai juga akan meningkatkan kompetensi para pengusaha pemula, khususnya dalam hal pelatihan atau inkubasi usaha. Sehingga UMKM ini akan memiliki daya saing dengan pengusaha lainnya di kota
.http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/02/04/12295378/Belum.Melek.IT.UMKM.Indonesia.Kalah.dengan.Kenya?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar