Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Kamis, 17 November 2011

Hidup Mewah DPR Patut Dicurigai


JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, kecenderungan hidup mewah para anggota dewan patut dicurigai. Oleh karena itu, partai tersebut hingga kini kerap melakukan kontrol terhadap para anggotanya yang duduk di legislatif untuk tetap hidup sederhana.
"Yang dikritik masyarakat itu pejabat publik baru yang mengalami eskalasi kenaikan kekayaan yang cukup fantastis. Hal itu menimbulkan kecurigaan apalagi ini dikaitkan dengan adanya praktik mafia anggaran," kata Fadli Zon dalam diskusi di Rumah Perubahan, Jakarta, Selasa (15/11).
Sebelumnya, Ketua KPK Busyro Muqoddas menyentil gaya hidup pejabat negara yang perlente, pragmatis, dan hedon. Dikatakan, lembaga negara dihuni pemberhala nafsu dan syahwat politik kekuasaan dengan moralitas rendah sehingga mengakibatkan berakarnya budaya korupsi.
Hal itu dikatakan Busyro dalam pidato kebudayaannya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis lalu. Dalam pidato itu, Busyro juga menyebut bahwa para pejabat negara bermobil dinas jauh lebih mewah dari mobil perdana menteri negeri tetangga.
Namun, ucapannya itu segera memancing reaksi Ketua DPR Marzuki Alie dan sejumlah anggota DPR lainnya karena telah masuk dalam wilayah pribadi. Mereka menyatakan tidak ada hubungan antara gaya hidup dengan kinerja. Busyro diminta tidak usah banyak bicara dan urusi saja pemberantasan korupsi.
Fadli menilai, wajar jika rakyat menaruh kecurigaan bahwa dana yang diterima para anggota dewan yang hidup mewah itu bukan berasal dari keringat sendiri, melainkan lebih kepada praktik-praktik penyelewengan kekuasaan.
"Kalau dari hasil keringat sendiri saya kira orang juga tak akan mempermasalahkan," ujarnya. Seharusnya, lanjut dia, para pejabat publik mawas diri karena mereka mendapat sorotan dari rakyat.(A-78/A-89)***
http://www.pikiran-rakyat.com/node/165757

Tidak ada komentar:

Posting Komentar