Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Senin, 31 Desember 2012

Hah, Memanggang Daging Picu Kanker?


Senin, 31 Desember 2012 21:07 wib
Niken Anggun Nurani - Okezone
detail berita
Memanggang daging (Foto: Livestrong)
PESTA Tahun Baru identik dengan acara memasak aneka daging dengan metode panggangan. Hati-hati, metode memanggang yang tidak tepat justru akan membuat makanan Anda memiliki risiko yang mengganggu kesehatan.

Bau daging panggang memang sangat menggugah selera. Namun, makanan yang dipanggang bisa jadi memiliki zat yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Jenis makanan dan metode memasak yang tidak tepat dapat membahayakan kesehatan Anda.

Salah satu zat bahaya yang umum dikenal dari metode memanggang adalah adanya amina heterosiklik atau zat karsinogenik yang muncul ketika daging (baik daging sapi, ayam, ataupun makanan laut) dimasak pada suhu tinggi yang mengonversi ke dalam amina heterosiklik. Senyawa ini dapat merusak DNA dan memicu berkembangnya kanker, demikian yang dilansir Livestrong.

Untuk mengurangi risiko zat berbahaya  ini, Anda bisa memasak makanan pada suhu rendah atau menaikkan panggangan dari bara api atau sumber panas. Ini akan membantu Anda untuk menurunkan jumlah cahr, yaitu zat berwarna hitam dengan kandungan tinggi karsinogen.

Mencegah terjadinya bahaya pada makanan panggangan, ada baiknya membalik makanan yang dipanggang setiap beberapa menit sehingga dapat mengurangi pembentukan amina heterosiklik. Penelitian oleh ilmuwan di Kansas State University di Manhattan, Kansas, menemukan bahwa bumbu-bumbu yang mengandung polifenol yang kaya antioksidan secara signifikan mengurangi jumlah total heterocyclic amines yang terbentuk selama suhu tinggi saat memanggang. (ind)
  http://health.okezone.com/read/2012/12/31/483/739590/hah-memanggang-daging-picu-kanker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar