Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Selasa, 22 Mei 2012

Malas, Komisaris BUMN Siap-Siap Dicopot!



Iwan Supriyatna - Okezone
Selasa, 22 Mei 2012 12:42 wib
Menteri BUMN Dahlan Iskan. (Foto: Okezone)
Menteri BUMN Dahlan Iskan. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan menginstruksikan kepada BUMN-BUMN untuk mempertahankan asetnya. Pasalnya, aset milik BUMN ini memang banyak diminati swasta.

"Seluruh direksi BUMN harus bekerja maksimal mempertahankan aset BUMN. Peran para komisaris BUMN yang tidak bekerja dalam membantu dewan direksi akan dievaluasi dan dipantau langsung,"  ungkap Dahlan di Gedung DPD-RI, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Dahlan melanjutkan, banyak aset BUMN khususnya BUMN pertambangan, yang diambil oleh investor atau pemilik modal besar. Ketika BUMN mengalami krisis, maka di situlah peluang bagi investor menguasai aset milik perusahaan negara.

Dahlan menyebutkan, aset lahan BUMN yang tidak bisa dimaksimalkan dikarenakan sulitnya memperoleh Izin Usaha Pertambangan (IUP) dari pemerintah daerah setempat dan akhirnya lahan tersebut dimanfaatkan oleh investor yang memiliki modal besar dan mudah memperoleh IUP dari pemda.

Dahlan mengaku tidak mempermasalahkan jika aset BUMN yang dicaplok murni digunakan untuk pengembangan daerah tersebut.

Namun, jika aset tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi, Dahlan menginstruksikan jajaran direksi perusahaan BUMN untuk merebut kembali aset tersebut yang sudah tercatat dalam neraca perusahaan dan mengamankan penerimaan negara. (wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar