Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Jumat, 13 Januari 2012

Unhas Garap Moko Jadi Mobil Hibrida

Saturday, 14 January 2012 KEMAMPUAN merakit mobil tak hanya dimiliki pelajar SMK di Surakarta dengan melahirkan Kiat Esemka.Di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), siswa SMK setempat juga sudah memamerkan hasil karya mereka, mobil mungil Moko.

Pada perkembangan terkini, Universitas Hasanuddin (Unhas) siap mengembangkan Moko sebagai mobil hibrida.Mobil ini akan dimodifikasi sehingga nantinya menggunakan dua sumber daya,yakni bahan bakar minyak (BBM) dan baterai. Pembantu Rektor (PR) III Unhas Nazaruddin Salam mengungkapkan, Moko akan dibuat lebih ringan dan aerodinamis sehingga lebih meringankan kerja mesin mobil yang menggunakan baterai. “Mobil Moko yang sudah berganti jadi hibrida ini nantinya bisa mengurangi polusi karena dengan pemakaian baterai isi ulang,gas emisi yang dikeluarkan lebih rendah,”kata Nazaruddin di Makassar kemarin.

Dia menyebutkan, seluruh rancang bangun mobil Moko tersebut dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Mesin Fakultas Teknik Unhas Makassar.“ Kita ini baru memulai.Ada beberapa kelemahan pada mobil Moko ini. Misalnya, pemakaian bahan bakar masih di atas volume silinder mesin.Makanya kita juga akan mengembangkan transmisi ke arah lebih baik,”paparnya seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Sementara itu, Syahrul berencana melibatkan Bank Sulselbar dalam memasarkan produk mobil Moko kepada masyarakat dan UMKM.

Keterlibatan pihak perbankan tersebut dengan menjalankan program kredit kepemilikan mobil (KPM) kepada masyarakat yang berminat. Syarat kreditnya pun akan dipermudah. “Syaratnya, yang penting bisa bayar Rp100.000 per hari sudah bisa memiliki mobil Moko ini. Ini sementara kita rumuskan dengan BPD (Bank Sulselbar),” katanya.

Pada tahap awal 2011 lalu, pengadaan mobil nasional sebanyak 50 unit kendaraan tersebut dianggarkan hingga Rp18,2 miliar dan Rp3 miliar di antaranya dianggarkan pada APBD Sulsel.Pengerjaan awal ini melibatkan PT Industri Kereta Api (PT Inka). wahyudi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/460359/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar