Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Selasa, 31 Januari 2012

Mencari Arti Sukses?

Tuesday, 31 January 2012
Sadar atau tidak, kita sering disibukkan oleh hal-hal kecil yang sesungguhnya mungkin tidak banyak berarti bagi hidup kita.


Seumpama ilustrasi tentang bagaimana Anda memasukkan batubatu besar, batu-batu kecil dan pasir ke dalam sebuah ember, Anda tidak akan berhasil memasukkan semuanya ke dalam ember jika Anda mulai dari pasir,kemudian batu kecil dan batu besar. Anda harus melakukannya mulai dari batu besar diikuti dengan batu-batu kecil di sekitarnya, barulah terakhir menuangkan pasir yang akan masuk melalui celah-celah sekecil apa pun,dikarenakan partikelnya yang berukuran kecil.

Ilustrasi ini selalu mengingatkan kita untuk memprioritaskan hal-hal yang utama dan penuh makna atau penuh arti dalam hidup kita. Senada dengan itu, dalam hidup ini Anda mungkin pernah merasa menyesal ketika Anda kehilangan “sesuatu”. Saat sesuatu tersebut masih berada bersama dengan Anda, Anda mungkin tidak terlalu memperhatikannya. Tetapi ketika sudah kehilangan,barulah Anda merasa menyesal, sedih dan kecewa.Anda akhirnya menyadari bahwa sesuatu tersebut adalah hal yang berharga. Anda mulai mencari-cari kembali ketika segala sesuatunya sudah terlambat.

Tidak sedikit dari kita yang terperangkap dengan definisi sukses yang berbicara masalah jabatan, pangkat, uang, pekerjaan dan bisnis yang berhasil.Pertanyaannya sederhana, apakah itulah yang paling penting dalam hidup Anda? Anda mungkin pernah melihat orang yang sangat berhasil dalam bisnisnya, tetapi rumah tangganya tidak rukun.Anda mungkin pernah melihat orang yang sangat berhasil dengan kariernya namun selalu tidak punya waktu dengan keluarganya. Sebagian besar atau hampir seluruh waktunya ditukar untuk sebuah karier.Sedemikian berhargakah bisnis atau karier Anda sehingga dia menduduki tempat teratas dalam kehidupan Anda?

Apakah dia layak mengambil kebanyakan waktu yang Anda miliki? Sampai pada titik ini,Anda pasti sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan sesuatu tersebut? Bukan sukses menurut standar orang biasa.Tapi jauh lebih besar dari itu. It’s Pursuing Meaning Beyond Success. Adalah mencari sebuah arti yang melampaui sukses itu sendiri. Tanpanya, sukses Anda belum lengkap. Tanpanya, Anda suatu ketika akan merasa hampa. Saya teringat sebuah cerita yang sangat populer yaitu ketika Socrates mengajari seorang pemuda tentang apa sebenarnya sukses itu.

Dia mengajak pemuda tersebut pergi ke pantai dan ketika sampai ke tempat yang agak dalam, Socrates membenamkan kepala pemuda itu ke dalam air dan menahannya untuk waktu yang agak lama.Pemuda tersebut meronta-ronta. Sejenak kemudian, Socrates mengeluarkan kepala pemuda tersebut dari air.Pemuda tersebut tidak mengerti mengapa Socrates berbuat demikian. Socrates lalu bertanya kepada pemuda tersebut apa yang paling diinginkannya ketika dia berada di dalam air. Pemuda itu kontan menjawab kalau dia ingin bernapas. Socrates menjelaskan bahwa sukses tidak jauh berbeda dengan kejadian barusan.

Anda harus benar-benar menginginkannya. Sebuah pelajaran berharga bagi kita semua saat ini. Berhenti sejenak dari kesibukan kita dan bertanyalah kepada diri kita apakah sebenarnya yang sangat kita inginkan ketika kita hidup.Mungkin itulah sebenarnya definisi sukses menurut ukuran kita masingmasing tanpa perlu berteori panjang tentang apa sebenarnya definisi sukses. Ketika Anda sudah menemukan apa yang Anda inginkan, kejarlah itu meski ada harga yang harus Anda bayar.

Ada sebuah ungkapan yang menyatakan demikian: “Success is getting what you want. Happiness is wanting what you get.” Secara pribadi saya berpendapat bahwa “Real success is to have both the success and happiness.” Happiness atau kebahagiaan adalah salah satu bagian dari meaning beyond success (sebuah arti yang melebihi sukses itu sendiri) dan itu hanya mungkin terjadi bila Anda secara konsisten dan penuh komitmen mengusahakannya dalam hidup Anda. Mereka yang sungguh-sungguh berhasil pada akhirnya adalah yang memiliki keseimbangan antara pencapaian baik karier maupun bisnis dengan kehidupan pribadi, keluarga dan hubungan yang harmonis secara horizontal dengan sesama dan secara vertikal dengan Sang Pencipta.

Apakah Anda saat ini sedang mengusahakan atau mengejar sesuatu yang berarti dalam hidup Anda? Bila belum,cepat ambil keputusan sebelum Anda terlambat. Bila Anda ingin menyaksikan sebuah transformasi terjadi dalam hidup Anda maka Anda perlu menentukan sesuatu yang berarti tersebut, mengejarnya dan mewujudkannya di dalam kehidupan Anda.● Salam transformasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar