Berbagi Pengetahuan

Blog ini dibuat sebagai kliping media.

Semoga bermanfaat

Selasa, 15 Januari 2013

KontraS: Coret Daming dari Seleksi Calon Hakim Agung



Selasa, 15 Januari 2013 - 16:20:31


JAKARTA - Ketua Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar meminta agar Komisi III DPR RI mencoret Muhammad Daming Sanusi sebagai calon Hakim Agung.

"Saya menyesal ada pernyataan seperti itu di satu ruang institusi negara. Kalau saya jadi anggota Komisi III saya minta orang itu keluar dari ruangan. Saya pikir itu, buat saya ngomong itu, bejat lah!," ungkap Haris kepada wartawan di Gedung YTKI, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, orang yang akan menjadi penjabat tidak pantas membuat lelucon soal perkosaan. "Itu buat saya tidak pantas dan memalukan. Seharusnya Komisi III harus ada proses hukum. DS harusnya tidak hanya tidak dipilih menjadi hakim agung saja tapi juga harus dicoret dari daftar calon dan ketiga Komisi III harus laporkan dia ke polisi karena membuat perkosaan itu menjadi sebuah candaan," paparnya.

Haris mengaku, perkosaan itu diatur di KUHP, jadi kalau ada yang menerjermahkannya sebagai sebuah lelucon pantas diperiksa oleh polisi. "Kalau kita tak bangun batas tegas terhadap preseden ini, nanti orang akan mengganggap Komisi III ini bukan tempat yang sakral dan proses seleksi Hakim Agung bukan proses yang penting," tegasnya.

Seleksi Hakim Agung, diakuinya sangat krusial. Sehingga, tindakan yang dilakukan Daming harus mendapat ganjaran tegas.

"Dia harus di coret dari daftar calon Hakim Agung dan dipolisikan untuk menunjukkan bahwa kita serius, kejahatan perkosaan itu terjadi dimana-mana," tutupnya.
(put)
http://news.okezone.com/read/2013/01/15/339/746539/kontras-coret-daming-dari-seleksi-calon-hakim-agung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar